SH Terate Unsoed

"Manusia Dapat Dihancurkan; Manusia Dapat Dimatikan; Tetapi Manusia Tidak Dapat Dikalahkan, Selama Manusia Itu Masih Setia Pada Hatinya Sendiri"


Sekilas Tentang PSHT
Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah suatu Organisasi Pencak Silat yang didirikan sejak tahun tahun 1922 dengan nama sebelumnya Setia Hati Pemuda Sport Club (SHPSC) dan barulah tahun 1942 berubah menjadi PSHT, namun masih berbentuk perguruan. 
 
Tahun 1948, atas prakarsa Soetomo Mengkoedjojo, Darsono,dan lain-lain mengadakan konferensi di rumah Ki Hadjar Hardjo Oetomo di desa Pilangbango, Madiun. Hasil konferensi menetapkan Setia Hati Terate yang dulunya bersifat perguruan diubah menjadi organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate dengan diketuai oleh Oetomo Mangkoewidjojo dengan wakilnya Darsono. Kemudian secara berturut-turut:
  1. Tahun 1950, Ketua Pusat oleh Mohammad Irsyad
  2.  Tahun 1974, Ketua Pusat oleh RM Imam Koesoepangat 
  3. Tahun 1977-1984, Ketua Dewan Pusat oleh RM Imam Koesoepangat dan Ketua Umum Pusat oleh Badini. 
  4. Tahun 1985, Ketua Dewan Pusat oleh RM Imam Koesoepangat dan Ketua Umum Pusat oleh Tarmadji Boedi Harsono. 
  5. Tahun 1988, Ketua Dewan Pusat RM Imam Koesoepangat meninggal dunia dan PSHT dipimpin oleh Ketua Umum Tarmadji Boedi Hardjono sampai sekarang.
Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yang merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yang dapat diperoleh pada tingkatan twede trap dan derde trap. Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yang berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), dan Minangkabau.

Selain mempelajari pencak silat yang meliputi berbagai teknik pembelaan diri dalam PSHT juga mempelajari kerohanian yang disebut dengan "ke SH an". Kerohanian ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang mengenal diri sendiri dengan sebaik-baiknya sehingga akan selalu ingat akan kebesaran Tuhan YME. dengan demikian akan terbentuk keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani.

Keberadaan PSHT di Indonesia sangatlah besar mulai dari daerah perkotaan hingga pelosok desa. Di Unsoed sendiri PSHT merupakan UKM Pencak Silat pertama yang terbentuk, yaitu sekitar tahun 1980 an. Selain belajar teknik pembelaan diri untuk bertarung di luar yang merupakan teknik praktis mematikan lawan, PSHT Unsoed juga mempelajari teknik untuk bertarung di Gelanggang Pertandingan. Beberapa Even pertandingan yang pernah diikuti dan beberapa kegiatan yang pernah dilakukan oleh PSHT Unsoed antara lain:
  1. Kejuaran antar PERTI di Semarang, Agustus 2008.
  2. Penataran kepelatihan tingkat Jateng, Juli 2009.
  3. Pendadaran calon Warga PSHT tingkat Banyumas di Unsoed, Desember 2009.
  4. Mengikuti Kejuaraan Nasional antar PERTI di UPN Veteran Yogyakarta pada November 2010.
  5. Workshop Kepelatihan Prestasi atlet tingkat Banyumas, Desember 2010.
  6. Tes kenaikan tingkat, Juli 2011.
  7. Kejuaraan Pencak Silat Internasional UNS, Maret 2012.

Jadwal latihan PSHT Komisariat Unsoed
Selasa       Materi wajib  PSHT                  Pukul 19.00 - 21.00 WIB
Jumat        Materi wajib PSHT                   Pukul 19.00 - 21.00 WIB
Minggu     Keatletan (Training Centre)      Pukul 15.00 - 17.00 WIB
Share on Google Plus

About Samsul Arifin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. The Ultimate Guide to the Best Baccarat in the USA - Wales
    Baccarat Basics. The game itself is หารายได้เสริม a bit complicated. The game 1xbet is easy to understand. The game has worrione a large and fast layout. The

    BalasHapus